Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Soal (Pilihan Ganda) Mutu Pelayanan Kebidanan dan Jawaban

Contoh Soal Pilgan Tentang Mutu Pelayanan Kebidanan


1. Dalam institusi pelayanan kesehatan di bentuk organisasi yang menyelenggarakan aktivitas jaminan mutu.siapa saja pelaksana PJM….
A. Mereka yang menyelenggarakan PJM
B. Para mahir yang terlibat dalam pelayanan kesehatan (expert group) yang secara khusus mempersembahkan wewenang dan tanggung balasan menyelenggarakan PJM
C. Organisasi pelayanan kesehatan disetiap institusi
D. Para mahir yang tidak terlibat dalam pelayanan kesehatan (expert group) yang secara khusus mempersembahkan wewenang dan tanggung balasan menyelenggarakan PJM

Jawaban:
D. Para ahli yang tidak terlibat dalam pelayanan kesehatan (expert group) yang secara khusus memberikan wewenang dan tanggung jawab menyelenggarakan PJM


2. Berikut ini ialah tupoksi organisai pelaksanaan PJM kecuali….
A. Menetapkan standar dan indikator mutu pelayanan kesehatan
B. Mengikutsertakan tiruana pihak yang ada dalam unit /instalasi pelayanan kesehatan
C. Memantau dan menilai mutu pelayanan kesehatan serta faktor2 yang berperan sebgai penyebab
D. Menetapkan problem mutu pelayanan kesehatan yang diselenggarakan

Jawaban:
D. Menetapkan masalah mutu pelayanan kesehatan yang diselenggarakan


3. Di bawah ini ialah manfaat pelayanan kebidanan , kecuali ……..
A. Sebagai dasar untuk menilai pelayanan
B. Menyusun planning petes, dan pengembangan kurikulum pendidikan
C. Memmenolong dalam penentuan kebutuhan operasional dalam penerapanya
D. Sebagai daerah untuk menuntaskan problem kebidanan

Jawaban:
D. Sebagai tempat untuk menyelesaikan masalah kebidanan


4. Tugas bidan dalam Menjabarkan ruang lingkup kegiatan yang diselenggarakan oleh….
A. Bidan desa
B. Bidan praktek mandiri
C. Ketua organisasi
D. Organisasi pelaksanan PJM

Jawaban:
D. Organisasi pelaksanan PJM


5. Di bawah ini samasukan aktivitas jaminan mutu yang sempurna adalah?
A. Efficient
B. Availablity
C. Environment
D. Quality

Jawaban
C. Environment


6. Faktor-faktor yang menghipnotis PJM yaitu?
A. Lingkungan
B. Pelaksanaan
C. Pelayanan
D. Penilaian

Jawaban:
A. Lingkungan


7. Suatu proses untuk memilih nilai atau jumlah keberhasilan dari pelaksanaan suatu aktivitas dalam mencapai tujuan yang sudah diputuskan (APH) disebut ?
A. Penilaian
B. Perencanaan
C. Pelaksanaan
D. Pemeriksaan

Jawaban:
A. Penilaian


8. Penilaian pada tahap pelaksanaan aktivitas ialah salah satu tahap dari…..
A. Jenis penilaian mutu pelayanan kebidanan
B. Macam macam penilaian mutu pelayanan kebidanan
C. Jenis penilaian standar pelayanan kebidanan
D. Macam macam penilaian standar pelayanan kebidanan

Jawaban:
A. Jenis penilaian mutu pelayanan kebidanan


9. Setiap upaya yang diselenggarakan secara sendiri atau gotong royong dalam organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit, serta memulihkan kesehatan perorangan, keluarga, kelompok maupun masyarakat, disebut
A. Kinerja
B. Mutu pelayanan kesehatan
C. Mutu
D. Pelayanan kesehatan

Jawaban:
D. Pelayanan kesehatan


10. Yang termasuk dalam kegiatan persiapan aktivitas jaminan mutu ialah …
A. Menetapkan aspek pelayanan kesehatan yang di pandang penting untuk di perhatikan
B. Menetapkan institusi yang menyelenggarakn PJM
C. Melakukan penilaian hasil
D. Menetapkan problem dan prioritas penyebab mutu

Jawaban:
A. Menetapkan aspek pelayanan kesehatan yang di pandang penting untuk di perhatikan


11. Yang dilakukan oleh pelaksana PJM setelah problem nutu pelayanan kesehatan di analisis ..
A. Menetapkan dan menyusun upaya penyelesaian problem MPK
B. Melakukan pemantauan dan menilai kembali problem mutu
C. Melakukan kajian problem MPK yang lebih mendalam
D. Menetapkan prioritas problem untuk diselesaikn terlebih lampau

Jawaban:
C. Melakukan kajian masalah MPK yang lebih mendalam


12. Bentuk menjaga mutu prospektif ialah …
A. Standarisasi, lisensi, sertifikasi
B. Standarisasi, sertifikasi, akreditasi
C. Standarisasi, lisensi, sertifikasi, akreditasi
D. Standarisasi, profesionalism, sertifikasi, akreditasi

Jawaban:
C. Standarisasi, lisensi, sertifikasi, akreditasi


13. Totalitas dari wujud serta ciri dari satu barang atau jasa, yang didalamnya terkandung sekaligus pengertian rasa kondusif atau pemenuhan kebutuhan para pengguna. Merupakan pengertian mutu menurut…..
A. Winston dictionary, 1956
B. Donabedian, 1980
C. Din ISO 8402, 1986
D. Crosby, 1984

Jawaban:
C. Din ISO 8402, 1986


14. Standar pelayanan ANC dalam mutu pelayanan kebidanan mutu yaitu?
A. Perawatan bbl
B. Penanganan pada dua jam pertama setelah persalinan
C. Asuhan kala I
D. Semua salah

Jawaban:
D. Semua salah


15. Persiapan untuk kehidupan keluarga sehat, pencatatan dan pelaporan termasuk dalam……..
A. Standar pelayanan ANC
B. Standar pelayanan nifas
C. Standar pinjaman persalinan
D. Standar pelayanan umum

Jawaban:
D. Standar pelayanan umum


16. Yang termasuk dalam stndart pelayanan ANC adalah. . . .
A. Perawatan BBL
B. Palpasi abdomen
C. Asuhan persalinan kala I
D. Pencatatan dan pelaporan

Jawaban:
B. Palpasi abdomen


17. Ruang lingkup standar pelayanan kebidanan yang pertama yaitu pada standar pelayanan umum mencakup …..
A. Indentifikasi bumil
B. Persiapan untuk kehidupan keluarga sehat dan pencatatan dan pelaporan
C. Persiapan persalinan
D. Palpasi abdominal

Jawaban:
B. Persiapan untuk kehidupan keluarga sehat dan pencatatan dan pelaporan


18. Ruang lingkup standar pelayanan kebidanan yang ketiga yaitu pada standar pinjaman persalinan meliputi…..
A. Asuhan persalinan kala I, II yang aman,, penatalaksanan aktif persalinan kala III dan penanganan kala II dengan gawat janin melalui episiotomi
B. Perawatan BBL
C. Penanganan kegawatan pada eklampsia
D. Asuhan persalinan kala I, II yang aman,, penatalaksanan aktif persalinan kala III dan penanganan kegawatan pada partus lama/macet

Jawaban:
A. Asuhan persalinan kala I, II yang aman,, penatalaksanan aktif persalinan kala III dan penanganan kala II dengan gawat janin melalui episiotomi