9 Soal (Uraian) Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia + Jawaban
Contoh Soal (Esai) Tentang Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia
1. Jelaskan pengajaran bahasa Indonesia yang akan mengajarkan anak terampil dan mahir berbahasa Indonesia !
Jawaban:
Pengajaran bahasa Indonesia yang akan mengajarkan anak terampil dan mahir berbahasa Indonesia harus diartikan sebagai berikut:
1. Mengenalkan ciri-ciri berbagai bahasa Indonesia dan membangkitkan Bahasa Indonesia baku maupun non baku.
2. Mengenalkan ciri-ciri fungsi berbagai variasi bahasa Indonesia sehingga pengajaran bahasa Indonesia lebih relevan untuk anak didik
3. Mengajar menggunakan bahasa Indonesia yang tepat untuk fungsi yang tepat.
1. Mengenalkan ciri-ciri berbagai bahasa Indonesia dan membangkitkan Bahasa Indonesia baku maupun non baku.
2. Mengenalkan ciri-ciri fungsi berbagai variasi bahasa Indonesia sehingga pengajaran bahasa Indonesia lebih relevan untuk anak didik
3. Mengajar menggunakan bahasa Indonesia yang tepat untuk fungsi yang tepat.
2. Tuliskan komponen- komponen yang mempengaruhi keberhasilan pembinaan bahasa Indonesia!
Jawaban:
Komponen- komponen yang mempengaruhi keberhasilan pembinaan bahasa Indonesia adalah sbb:
1. Masyarakat Indonesia yang akan dibina.
2. Proses pembinaan.
3. Hasil pembinaan
4. Perangkat alat pembinaan.
5. Keadaan masyarakat.
1. Masyarakat Indonesia yang akan dibina.
2. Proses pembinaan.
3. Hasil pembinaan
4. Perangkat alat pembinaan.
5. Keadaan masyarakat.
3. Tuliskan komponen sasaran pembinaan!
Jawaban:
Komponen sasaran pembinaan adalah:
1. Murid mampu mengungkapkan pikiran\pendapat dengan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
2. Murid mampu menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidahnya.
3. Murid bangga berbahasa Inonesia di lingkungan rumah maupun sekolah.
4. Guru dan murid saling membudayakan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
1. Murid mampu mengungkapkan pikiran\pendapat dengan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
2. Murid mampu menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidahnya.
3. Murid bangga berbahasa Inonesia di lingkungan rumah maupun sekolah.
4. Guru dan murid saling membudayakan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
4. Jelaskan peran keluarga dalam pembinaan dan pengembangan Bahasa Indonesia!
Jawaban:
Keluarga subjek didik dikatakan untuk menunjang karena pada keluarga itu selalu mendorong subjek didik untuk belajar lebih giat. Setidaknya anggota keluarga menjadi cerminan bagi subjek didik untuk menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar. Disamping itu, hendaknya diciptakan kondisi sedemikian rupa, sehingga untuk belajar dan menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar. Misalnya, di dalam anggota keluarga disediakan majalah atau koran yang tergolong baik bahasa indonesianya.
5. Jelaskan peran sekolah dalam pembinaan dan pengembangan Bahasa Indonesia!
Jawaban:
Sekolah hendaknya menciptaka kondisi yang dapat menunjang pengajaran bahasa indonesia misalnya, mengadakan penerbitan majalah, baik majalah tulis maupun majalah dinding, guru menggunakan bahasa yang benar sewaktu memberikan bimbingan kepada murid- muridnya, mengadakan latihan diskusi, pidato, baca puisi, dan drama
6. Jelaskan peran masyarakat dalam pembinaan dan pengembangan Bahasa Indonesia!
Jawaban:
Masyarakat, tempat murid bergaul diluar keluarga dan sekolah pun harus menunjang suksesnya pengajaran bahasa indonesia. Terutama dalam pembinaan dilingkungan masyarkat yang tidak saja berfungsi sebagai komunikasi tetapi yang lebih penting lagi adalah bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa. Sasaran utama yang harus dilakukan adalah terlebih pembinaan lingkungan keluarga, sekolah dan masyarkat pada umumnya.
7. Tuliskan tugas pusat pembinaan dan pengembangan bahasa!
Jawaban:
Tugas Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, yaitu dapat dirumuskan sebagai berikut.
1. Penelitian di bidang bahasa dan susastra mengenai bahasa bahasa Indonesia dan bahasa Nusantara, termasuk perkamusan dan peristilahannya.
2. Pengendalian kegiatan pembinaan dan pengembangan bahasa dan susastra.
3. Penelitian di bidang pengajaran bahasa dan susastra mengenai bahasa Indonesia, bahasa daerah Nusantara, dan bahasa Asing yang diajarkan di Indonesia.
4. Penelaahan hasil kegiatan pembinaan dan pengembangan bahasa dan susastra
1. Penelitian di bidang bahasa dan susastra mengenai bahasa bahasa Indonesia dan bahasa Nusantara, termasuk perkamusan dan peristilahannya.
2. Pengendalian kegiatan pembinaan dan pengembangan bahasa dan susastra.
3. Penelitian di bidang pengajaran bahasa dan susastra mengenai bahasa Indonesia, bahasa daerah Nusantara, dan bahasa Asing yang diajarkan di Indonesia.
4. Penelaahan hasil kegiatan pembinaan dan pengembangan bahasa dan susastra
8. Tuliskan jenis-jenis sasaran perencanaan!
Jawaban:
Jenis-jenis sasaran perencanaan jika dipandang dari jurusan bahasa.
1. Perencanaan pengembangan sandi bahasa di bidang pengaksaraan dan ejaan, di bidang peristilahan, dan di bidang pemekaran ragam wacana.
2. Perencanaan pembinaan pemakaian bahasa di bidang penyuluhan dan pengajaran bahasa.
3. Perencanaan pembangkitan bahasa.
1. Perencanaan pengembangan sandi bahasa di bidang pengaksaraan dan ejaan, di bidang peristilahan, dan di bidang pemekaran ragam wacana.
2. Perencanaan pembinaan pemakaian bahasa di bidang penyuluhan dan pengajaran bahasa.
3. Perencanaan pembangkitan bahasa.
9. Tuliskan tujuan arah perencanaan sasaran jika dilihat dari jurusan khalayak sasaran!
Jawaban:
Jika dilihat dari jurusan khalayak sasaran,tujuan arah perencanaan sasaran yaitu.
1. Kepada golongan penutur asli atau yang bukan penutur asli
2. Kepada orang yang masih bersekolah atau kepada orang dewasa
3. Kepada kaum guru di berbagai tingkat prasekolahan
4. Kepada kalangan komunikasi media massa seperti majalah, penyiar, dan pewara (berita)
5. Kepada khalayak di bidang industri, perniagaan, penerbitan, dan perpustakaan
6. Kepada lingkungan sastrawan
1. Kepada golongan penutur asli atau yang bukan penutur asli
2. Kepada orang yang masih bersekolah atau kepada orang dewasa
3. Kepada kaum guru di berbagai tingkat prasekolahan
4. Kepada kalangan komunikasi media massa seperti majalah, penyiar, dan pewara (berita)
5. Kepada khalayak di bidang industri, perniagaan, penerbitan, dan perpustakaan
6. Kepada lingkungan sastrawan