17 Soal (Pilihan Ganda) Pengajaran Keterampilan Berbahasa dan Jawaban
Contoh Soal Pilgan Tentang Pengajaran Keterampilan Berbahasa
1. Perhatikan kegiatan pembelajaran berikut
Guru membacakan sebuah kalimat Aminah pergi ke rumah sakit
Siswa melisankan kalimat tersebut dan melengkapinya dengan kata/ kalimat.
Metode minyimak yang digunakan dalam pembelajaran tersebut adalah metode .
A. simak - terka
B. simak - ulang ucap
C. memperluas kalimat
D. menyelesaikan cerita
Guru membacakan sebuah kalimat Aminah pergi ke rumah sakit
Siswa melisankan kalimat tersebut dan melengkapinya dengan kata/ kalimat.
Metode minyimak yang digunakan dalam pembelajaran tersebut adalah metode .
A. simak - terka
B. simak - ulang ucap
C. memperluas kalimat
D. menyelesaikan cerita
Jawaban:
C. memperluas kalimat
2. Salah satu ciri pembelajaran keterampilan berbahasa adalah berorientasi pada siswa yang
bertindak sebagai ....
A. motifator dan fasilitator
B. fasilitator dan aktor
C. aktor dan negoisator
D. negoisator dan fasilitator
bertindak sebagai ....
A. motifator dan fasilitator
B. fasilitator dan aktor
C. aktor dan negoisator
D. negoisator dan fasilitator
Jawaban:
3. Tujuan pembelajaran keterampilan berbahasa adalah meningkatkan hal berikut, kecuali ....
A. kematangan intelektual
B. kematangan emosional
C. kematangan sosial
D. kematangan religi
C. aktor dan negoisator
3. Tujuan pembelajaran keterampilan berbahasa adalah meningkatkan hal berikut, kecuali ....
A. kematangan intelektual
B. kematangan emosional
C. kematangan sosial
D. kematangan religi
Jawaban:
D. kematangan religi
4. Berikut ini yang merupakan prinsip pemilihan materi pembelajaran keterampilan berbicara adalah ....
A. materi pembelajaran yang dipilih harus dapat mendorong siswa berlatih memahami bahan bacaan
B. materi pembelajaran berbicara berkaitan erat dengan pemilihan materi pembelajaran menyimak
C. materi pembelajaran dapat mendorong siswa untuk memahami teknik berbicara
D. materi pembelajaran yang dipilih harus lebih banyak bersifat teori untuk mendukung keterampilan berbicara
A. materi pembelajaran yang dipilih harus dapat mendorong siswa berlatih memahami bahan bacaan
B. materi pembelajaran berbicara berkaitan erat dengan pemilihan materi pembelajaran menyimak
C. materi pembelajaran dapat mendorong siswa untuk memahami teknik berbicara
D. materi pembelajaran yang dipilih harus lebih banyak bersifat teori untuk mendukung keterampilan berbicara
Jawaban:
B. materi pembelajaran berbicara berkaitan erat dengan pemilihan materi pembelajaran menyimak
B. materi pembelajaran berbicara berkaitan erat dengan pemilihan materi pembelajaran menyimak
5. Materi pembelajaran bahasa Indonesia berikut ini mengandung aspek pemahaman bahasa tulis adalah ....
A. menulis formulir
B. wawancara dengan narasumber
C. menentukan topik sebuah wacana
D. mendengarkan berita
A. menulis formulir
B. wawancara dengan narasumber
C. menentukan topik sebuah wacana
D. mendengarkan berita
Jawaban:
C. menentukan topik sebuah wacana
C. menentukan topik sebuah wacana
6. Perhatikan kegiatan pembelajaran berikut.
1. Siswa membaca sebuah wacana pendek
2. Siswa mencari kata-kata yang mengalami perluasan makna
3. Siswa mencari kalimat majemuk
4. Siswa menentukan jenis kalimat majemuk tersebut
5. Siswa membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata yang mengalami perluasan makna
6. Siswa membuat kalimat majemuk rapatan
Secara sistematis, kegiatan pembelajaran kalimat majemuk adalah ....
A. 1, 2, 3, 5
B. 1, 2, 5, 6
C. 1, 3, 4, 6
D. 1,3, 4, 5
1. Siswa membaca sebuah wacana pendek
2. Siswa mencari kata-kata yang mengalami perluasan makna
3. Siswa mencari kalimat majemuk
4. Siswa menentukan jenis kalimat majemuk tersebut
5. Siswa membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata yang mengalami perluasan makna
6. Siswa membuat kalimat majemuk rapatan
Secara sistematis, kegiatan pembelajaran kalimat majemuk adalah ....
A. 1, 2, 3, 5
B. 1, 2, 5, 6
C. 1, 3, 4, 6
D. 1,3, 4, 5
Jawaban:
C. 1, 3, 4, 6
C. 1, 3, 4, 6
7. Pernyataan berikut yang merupakan pengertian perencanaan tujuan pembelajaran adalah ....
A. proses penyusunan hal yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran
B. sesuatu yang ingin dicapai dari suatu kegiatan pembelajaran
C. ruang lingkup bahan/kajian pembelajaran
D. kegiatan pengamatan atau peninjauan secara cermat
A. proses penyusunan hal yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran
B. sesuatu yang ingin dicapai dari suatu kegiatan pembelajaran
C. ruang lingkup bahan/kajian pembelajaran
D. kegiatan pengamatan atau peninjauan secara cermat
Jawaban:
A. proses penyusunan hal yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran
A. proses penyusunan hal yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran
8. Pengertian fakta sebagai materi pembelajaran bahasa adalah ....
A. ide atau pengertian yang diabstrakan dari peristiwa konkret yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
B. hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
C. proses atau langkah-langkah melakukan sesuatu yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
D. dalil atau rumus-rumus untuk mengungkapkan suatu hubungan yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
A. ide atau pengertian yang diabstrakan dari peristiwa konkret yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
B. hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
C. proses atau langkah-langkah melakukan sesuatu yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
D. dalil atau rumus-rumus untuk mengungkapkan suatu hubungan yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
Jawaban:
B. hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
B. hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
9. Berikut ini yang merupakan contoh pembelajaran keterampilan menulis yang berisi fakta adalah....
A. menulis artikel tentang kiat-kiat belajar yang baik
B. menulis rangkuman dari sebuah artikel
C. menulis naskah berita
D. menulis kamus kecil
A. menulis artikel tentang kiat-kiat belajar yang baik
B. menulis rangkuman dari sebuah artikel
C. menulis naskah berita
D. menulis kamus kecil
Jawaban:
C. menulis naskah berita
C. menulis naskah berita
10. Contoh Tujuan Instruksional Khusus (TIK) berikut ini yang memenuhi 4 kriteria pembuatan TIK adalah siswa dapat ....
A. membuat sebuah puisi dengan tema 'kebersihan' dengan baik.
B. membaca sebuah dialog dengan baik.
C. memerankan watak tokoh protagonis dan antagonis dalam sebuah drama pendek.
D. membuat sebuah karangan pendek
A. membuat sebuah puisi dengan tema 'kebersihan' dengan baik.
B. membaca sebuah dialog dengan baik.
C. memerankan watak tokoh protagonis dan antagonis dalam sebuah drama pendek.
D. membuat sebuah karangan pendek
Jawaban:
A. membuat sebuah puisi dengan tema 'kebersihan' dengan baik.
A. membuat sebuah puisi dengan tema 'kebersihan' dengan baik.
11. Berikut ini yang termasuk contoh media audio (alat bantu) adalah ....
A. VCD player dan TV
B. TV dan radio
C. radio dan tape recorder
D. tape recorder dan VCD player
A. VCD player dan TV
B. TV dan radio
C. radio dan tape recorder
D. tape recorder dan VCD player
Jawaban:
C. radio dan tape recorder
C. radio dan tape recorder
12. Hal yang tidak perlu disiapkan dalam penggunaan media pembelajaran adalah ....
A. pelajari buku petunjuk penggunaan media pembelajaran yang digunakan
B. siapkan peralatan yang diperlukan untuk penggunaan media pembelajaran
C. menetapkan media yang cocok digunakan secara individu atau kelompok
D. menyiapkan siswa untuk mulai melakukan pembelajaran
A. pelajari buku petunjuk penggunaan media pembelajaran yang digunakan
B. siapkan peralatan yang diperlukan untuk penggunaan media pembelajaran
C. menetapkan media yang cocok digunakan secara individu atau kelompok
D. menyiapkan siswa untuk mulai melakukan pembelajaran
Jawaban:
D. menyiapkan siswa untuk mulai melakukan pembelajaran
D. menyiapkan siswa untuk mulai melakukan pembelajaran
13. Terdapat dua pandangan yang berhubungan dengan peranan laboratorium dalam pengajaran bahasa. Salah satunya menyatakan bahwa laboratorium bahasa merupakan pusat pengajaran bahasa. Pernyataan ini bermakna bahwa ....
A. materi bahasa yang akan diajarkan telah tersedia dalam rekaman secara lengkap
B. materi laboratorium merupakan bagian dari materi pelajaran bahasa
C. laboratorium merupakan tambahan alat, bukan sebagai pusat pengajaran
D. pengajar betul-betul pengajar ahli bukan asisten pengajar
A. materi bahasa yang akan diajarkan telah tersedia dalam rekaman secara lengkap
B. materi laboratorium merupakan bagian dari materi pelajaran bahasa
C. laboratorium merupakan tambahan alat, bukan sebagai pusat pengajaran
D. pengajar betul-betul pengajar ahli bukan asisten pengajar
Jawaban:
A. materi bahasa yang akan diajarkan telah tersedia dalam rekaman secara lengkap
14. Manfaat keterampilan menulis adalah sebagai berikut, kecuali .
A. mengetahui kemampuan dan potensi diri.
B. meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa tatap muka
C. terbiasa berpikir dan berbahasa secara tertib.
D. memiliki/menguasai informasi sehubungan dengan topik yang kita tulis.
A. mengetahui kemampuan dan potensi diri.
B. meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa tatap muka
C. terbiasa berpikir dan berbahasa secara tertib.
D. memiliki/menguasai informasi sehubungan dengan topik yang kita tulis.
Jawaban:
B. meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa tatap muka
15. Metode pembelajaran menulis yang memberikan kebebesan kepada siswa adalah metode .
A. community language learning dan sugestopedy
B. sugestopedy dan the silnt way
C. the silnt way dan total physical response
D. total physical response dan community language learning
Jawaban:
C. the silnt way dan total physical response
16. Teknik menulis yang lebih mementingkan unsur ajakan dan penguatan sehingga pembaca terpengaruh adalah teknik menulis .
A. narasi
B. eksposisi
C. argumentasi
D. persuasi
Jawaban:
D. persuasi
17. Di dalam pembelajaran menulis, teknik membuat tulisan seringkali dijadikan sebagai .
A. media dan bahan pembelajaran menulis
B. bahan dan teknik pembelajaran menulis
C. teknik dan alat pembelajaran menulis
D. alat atau media pembelajaran menulis
Jawaban:
B. bahan dan teknik pembelajaran menulis