Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal (Pilihan Ganda) Rekayasa Perangkat Lunak dan Jawaban

Contoh Soal Pilgan Tentang Rekayasa Perangkat Lunak

1. Apa yang dimaksud dengan "version control" dalam pengembangan perangkat lunak?
A. Proses pengujian perangkat lunak sebelum peluncuran.
B. Proses mengelola perubahan dan versi kode sumber perangkat lunak.
C. Proses merancang tampilan antarmuka pengguna.
D. Proses mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam kode.

Jawaban: 
B. Proses mengelola perubahan dan versi kode sumber perangkat lunak.


2. Manakah dari berikut ini bukan alasan mengapa dokumentasi perangkat lunak penting?
A. Membantu pengembang memahami desain perangkat lunak.
B. Menyediakan panduan pengguna tentang cara menggunakan perangkat lunak.
C. Mempercepat waktu pengembangan perangkat lunak.
D. Membantu dalam pemeliharaan dan pembaruan perangkat lunak.

Jawaban: 
C. Mempercepat waktu pengembangan perangkat lunak.


3. Dalam rekayasa perangkat lunak, apa yang dimaksud dengan "scalability"?
A. Kemampuan perangkat lunak untuk beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pengguna.
B. Kemampuan perangkat lunak untuk berjalan pada berbagai platform dan sistem operasi.
C. Kemampuan perangkat lunak untuk menangani beban kerja yang meningkat.
D. Kemampuan perangkat lunak untuk menghasilkan hasil yang konsisten.

Jawaban: 
C. Kemampuan perangkat lunak untuk menangani beban kerja yang meningkat.


4. Manakah dari berikut ini bukan tahap dalam siklus hidup pengembangan perangkat lunak Agile?
A. Perencanaan
B. Analisis kebutuhan
C. Pemrograman
D. Evaluasi pengguna

Jawaban: 
D. Evaluasi pengguna


5. Apa yang dimaksud dengan "continuous integration" dalam pengembangan perangkat lunak?
A. Proses menguji perangkat lunak sebelum peluncuran.
B. Proses menggabungkan kode sumber dari anggota tim secara berkala.
C. Proses merancang tampilan antarmuka pengguna.
D. Proses mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam kode.

Jawaban: 
B. Proses menggabungkan kode sumber dari anggota tim secara berkala.


6. Manakah dari berikut ini bukan prinsip dasar pengembangan perangkat lunak yang baik?
A. Kepatuhan terhadap standar kode etik.
B. Penggunaan algoritma yang kompleks dalam pengembangan perangkat lunak.
C. Penggunaan repository untuk mengelola kode sumber.
D. Pengujian dan verifikasi yang teliti.

Jawaban: 
B. Penggunaan algoritma yang kompleks dalam pengembangan perangkat lunak.


7. Apa yang dimaksud dengan "user story" dalam pengembangan perangkat lunak Agile?
A. Deskripsi singkat dari kebutuhan pengguna.
B. Daftar fitur dan persyaratan pengguna.
C. Dokumen yang berisi rencana pengembangan perangkat lunak.
D. Standar yang mengatur pemrograman berorientasi objek.

Jawaban: 
A. Deskripsi singkat dari kebutuhan pengguna.


8. Manakah dari berikut ini bukan contoh metodologi pengembangan perangkat lunak Agile?
A. Scrum
B. Kanban
C. Waterfall
D. Extreme Programming (XP)

Jawaban: 
C. Waterfall

9. Apa yang dimaksud dengan "pengujian regresi" dalam pengembangan perangkat lunak?
A. Pengujian yang dilakukan oleh pengguna akhir untuk menguji fungsionalitas perangkat lunak.
B. Pengujian yang bertujuan untuk memastikan perangkat lunak berjalan dengan cepat.
C. Pengujian yang fokus pada pengujian unit kode sumber perangkat lunak.
D. Pengujian yang dilakukan untuk memastikan perubahan tidak mempengaruhi fitur yang ada.

Jawaban: 
D. Pengujian yang dilakukan untuk memastikan perubahan tidak mempengaruhi fitur yang ada.


10. Manakah dari berikut ini bukan fase dalam metodologi pengembangan perangkat lunak Spiral?
A. Penentuan tujuan
B. Analisis risiko
C. Desain sistem
D. Evaluasi pengguna

Jawaban: 
D. Evaluasi pengguna


11. Apa yang dimaksud dengan "user acceptance testing" dalam rekayasa perangkat lunak?
A. Pengujian yang dilakukan oleh pengguna akhir untuk menguji fungsionalitas perangkat lunak.
B. Pengujian yang bertujuan untuk memastikan perangkat lunak berjalan dengan cepat.
C. Pengujian yang fokus pada pengujian unit kode sumber perangkat lunak.
D. Pengujian yang melibatkan evaluasi oleh pengguna akhir sebelum perangkat lunak diluncurkan.

Jawaban: 
D. Pengujian yang melibatkan evaluasi oleh pengguna akhir sebelum perangkat lunak diluncurkan.


12. Manakah dari berikut ini bukan langkah-langkah dalam proses pengujian perangkat lunak?
A. Perencanaan pengujian
B. Implementasi perangkat lunak
C. Eksekusi pengujian
D. Evaluasi hasil pengujian

Jawaban: 
B. Implementasi perangkat lunak


13. Apa yang dimaksud dengan "dependency injection" dalam pengembangan perangkat lunak?
A. Proses menguji perangkat lunak sebelum peluncuran.
B. Proses mengelola ketergantungan antara komponen perangkat lunak.
C. Proses merancang tampilan antarmuka pengguna.
D. Proses mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam kode.

Jawaban: 
B. Proses mengelola ketergantungan antara komponen perangkat lunak


14. Manakah dari berikut ini bukan contoh alat manajemen proyek perangkat lunak?
A. Git
B. Jira
C. Photoshop
D. Trello

Jawaban: 
C. Photoshop


15. Apa yang dimaksud dengan "metode prototyping" dalam pengembangan perangkat lunak?
A. Metode yang menggunakan model sebagai panduan pengembangan.
B. Metode untuk menguji perangkat lunak sebelum peluncuran.
C. Metode untuk merancang tampilan antarmuka pengguna.
D. Metode untuk memperbaiki kesalahan dalam kode.

Jawaban: 
A. Metode yang menggunakan model sebagai panduan pengembangan


16. Apa yang dimaksud dengan "pengujian performa" dalam pengembangan perangkat lunak?
A. Pengujian yang dilakukan oleh pengguna akhir untuk menguji fungsionalitas perangkat lunak.
B. Pengujian yang bertujuan untuk memastikan perangkat lunak berjalan dengan cepat.
C. Pengujian yang fokus pada pengujian unit kode sumber perangkat lunak.
D. Pengujian yang melibatkan evaluasi pengguna tentang antarmuka pengguna.

Jawaban: 
B. Pengujian yang bertujuan untuk memastikan perangkat lunak berjalan dengan cepat.