11 Soal (Uraian) Teks Iklan dan Jawaban
Contoh Soal (Esai) Tentang Teks Iklan
1. Tuliskan 4 unsur komunikasi iklan !
Jawaban:
4 Unsur komunikasi iklan:
a. Pengirim iklan ialah produsen atau dalam bisnis periklanan di wakili oleh biro iklan
b. Isi iklan yang terdapat dalam iklan ada headline yakni kalimat singkat tidak lebih dari 10 kata dan di harapkan konsumen langsung dapat banyak informasi mengenai produk dan jasa body copy yakni adalah informasi tambahan bila konsumen tertarik.
c. Media komunikasi tempat iklan di sajikan baik itu di media elektronik, media cetak atau media yang lainnya antara lain media internet yang penetrasinya di indonesia masih kurang, billboard dan lain sebagainya.
d. Penerima iklan konsumen yang menjadi sasaran produk barang atau jasa.
a. Pengirim iklan ialah produsen atau dalam bisnis periklanan di wakili oleh biro iklan
b. Isi iklan yang terdapat dalam iklan ada headline yakni kalimat singkat tidak lebih dari 10 kata dan di harapkan konsumen langsung dapat banyak informasi mengenai produk dan jasa body copy yakni adalah informasi tambahan bila konsumen tertarik.
c. Media komunikasi tempat iklan di sajikan baik itu di media elektronik, media cetak atau media yang lainnya antara lain media internet yang penetrasinya di indonesia masih kurang, billboard dan lain sebagainya.
d. Penerima iklan konsumen yang menjadi sasaran produk barang atau jasa.
2. Berikan contoh teks iklan tentang makanan!
Jawaban:
Cryspy cracker, makanan yang tidak kenal usia, cracker yang terbuat dari mentega, telur, garam, dan keju ini sangat renyah ketika dimasukkan kemulut, Jadi belilah cryspy cracker agar tidak penasaran dengan rasanya di supermarket terdekat.
3. Berikan contoh iklan dialog!
Jawaban:
Resepsionis : Ada yang bisa di bantu pak?
Tamu : Iya mas , saya mau cek kode booking.
Resepsionis : Baik pak, atas nama siapa?
Tamu: Bapak Bokir.
Resepsionis: Maaf kode booking untuk bapak bokir tidak ada..
Tamu: Hmmm pakai bantuan traveloka aja deh.
Tamu : Iya mas , saya mau cek kode booking.
Resepsionis : Baik pak, atas nama siapa?
Tamu: Bapak Bokir.
Resepsionis: Maaf kode booking untuk bapak bokir tidak ada..
Tamu: Hmmm pakai bantuan traveloka aja deh.
4. Berikan contoh teks iklan tentang jasa!
Jawaban:
Tambal ban, anda telfon kami datang. Tidak sampai 15 menit ban motor anda yang bocor akan kami tambal. Hubungi 081239xxxx.
5. Tuliskan kaidah kebahasaan menggunakan slogan!
Jawaban:
Slogan ialah kalimat yang mudah diingat, menarik, dan mencolok. Slogan biasanya berupa susunan kata tertentu yang memberi penjelasan secara singkat terhadap suatu produk atau jasa sehingga mudah diingat.
6. Tuliskan kaidah kebahasaan menggunakan kalimat persuasif!
Jawaban:
Kalimat ini bertujuan meyakinkan serta membujuk pembaca agar menerima gagasan penulis terhadap sesuatu. Ada beberapa kalimat persuasif di iklan produk tersebut.
7. Apa tujuan utama dari teks iklan?
Jawaban:
Tujuan utama dari teks iklan adalah untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu kepada target audiens agar mereka tertarik untuk membeli atau menggunakan produk/layanan tersebut.
8. Sebutkan komponen-komponen utama yang biasanya ada dalam sebuah teks iklan.
Jawaban:
Komponen-komponen utama dalam sebuah teks iklan meliputi judul menarik, deskripsi produk yang jelas, manfaat produk/layanan, gambar atau grafik yang relevan, informasi kontak, dan seringkali panggilan untuk tindakan.
9.Mengapa pemilihan bahasa yang efektif sangat penting dalam sebuah teks iklan?
Jawaban:
Pemilihan bahasa yang efektif dalam sebuah teks iklan penting karena bahasa yang tepat dapat menarik perhatian target audiens, mengkomunikasikan manfaat produk/layanan secara jelas, dan memicu respons yang diinginkan, seperti pembelian atau tindakan lainnya.
10. Apa perbedaan antara teks iklan persuasif dan informatif?
Jawaban:
Teks iklan persuasif ditujukan untuk meyakinkan audiens agar melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, sementara teks iklan informatif lebih berfokus pada memberikan informasi tentang produk/layanan tanpa tekanan persuasif yang kuat.
11. Mengapa penggunaan gambar atau visual dalam teks iklan penting?
Jawaban:
Penggunaan gambar atau visual dalam teks iklan penting karena dapat membantu memvisualisasikan produk/layanan, mengaitkan emosi dengan merek, dan menarik perhatian secara visual.