Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Soal (Uraian) Dakwah dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Dakwah

1. Apa saja sumber pesan dakwah?

Jawaban:
Sumber pesan-pesan dakwah adalah al-Qur'an dan al-Hadis serta ijtihad dan fatwa ulama. Demikian juga tentang realitas kehidupan yang terjadi di masyarakat dapat dijadikan sebagai 'ibrah atau materi pelajaran bagi mad'u.


2. Apa sebutan orang yang berdakwah?

Jawaban:
Orang yang menyampaikan dakwah disebut "da'i" sedangkan yang menjadi objek dakwah disebut "mad'u". Setiap Muslim yang menjalankan fungsi dakwah Islam adalah "da'i".


3. Apa efek dakwah?

Jawaban:
Efek dakwah adalah hasil yang dapat dicapai setelah menyampaikan dakwah, atau dakwah yang disampaikaan dapat mencapai sasaran. Efek dakwah sering kali terabaikan, kurang mendapat perhatian para da'i. Kebanyakan mereka menganggap bahwa setelah dakwah disampaikan maka selesailah tugas dakwah.


4. Sejak kapan dakwah ada?

Jawaban:
Sejarah dakwah Islam dimulai semenjak diangkatnya Muhammad Saw. sebagai rasul. Berawal dari jazirah Arabia, kemudian melewati gurun sahara dan memanjang dari lautan Atlantik hingga lautan Teduh.


5. Bagaimana hukum dakwah sebenarnya?

Jawaban:
Menurut kebanyakan ulama secara Umum hukum dakwah adalah fardu kifayah, Artinya apabila telah dilakukan oleh Sekelompok orang, beban kewajiban itu Gugur dari yang lain.


6. Apa saja metode dakwah yg anda ketahui?

Jawaban:
Macam-Macam Metode Dakwah
1. Dakwah Fardiyah
2. Dakwah Ammah
3. Dakwah bil-Lisan
4. Dakwah bil-Haal
5. Dakwah bit-Tadwin
6. Dakwah bil-Hikmah


7. Berapa lama dakwah secara sembunyi dilakukan?

Jawaban:
Hampir tiga tahun lamanya Nabi Muhammad Saw. melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi.


8. Bagaimana strategi nabi dalam menjalankan dakwahnya?

Jawaban:
Ada empat substansi metode dakwah yang dilakukan Rasulullah pada periode Madinah yang meliputi pembinaan akidah, ibadah, dan mu'amalah kaum muslim, pembinaan ukhuwah untuk menyatukan kaum muslim.


9. Bagaimana etika dalam menyampaikan dakwah?

Jawaban:
Diantara kode etik dakwah adalah sebagai berikut: Tidak Memisahkan Antara Ucapan Dan Perbuatan, Tidak Melakukan Toleransi Agama, tidak menghina sesembahan non muslim, tidak melakukan diskriminasi sosial, tidak berteman dengan pelaku maksiat, dan tidak menyampaikan hal-hal yang tidak diketahui.


10. Bagaimana kedudukan dakwah dalam Islam?

Jawaban:
Dakwah memiliki kedudukan yang sangat penting dalam Islam, dan harus dilakukan dengan berdasar pada prinsip-prinsip dakwah itu sendiri yang telah ruangkan oleh Allah swt., dalam al-Qur'anul al-Karim.


11. Apa itu Teori pesan dakwah?

Jawaban:
Pesan dakwah adalah segala sesuatu yang harus disampaikan oleh subyek kepada objek dakwah, yaitu keseluruhan ajaran Islam yang ada dalam kitabullah maupun dalam sunnah rasulnya. Pada dasarnya isi pesan dakwah adalah materi dakwah yang berisi ajaran Islam.


12. Apa saja problematika dakwah masa kini?

Jawaban:
1. dakwah sekarang terkadang tidak menggunakan bahasa yang baik
2. seharusnya bisa memecahkan sebuah masalah.
3. terkadang ada perbedaan pendapat selalu menkafirkan biasanya berupa golongan tertentu solusi menghargai pendapat.
4. ada orang yang menggunakan dakwah sebagai senjata kejumutan.
5. ada yang berdakwah menggunakan sistem dakwah bersifat hoax atau tahayul solusi jangan mudah percaya akan hal itu


13. Bagaimana cara dakwah sesuai dengan perintah Allah?

Jawaban:
Berdakwah harus dilakukan dengan hikmah dan bijaksana. Dalam firman Allah SWT dalam Surah An Nahl ayat 125 yang artinya: "Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.


14. Apa pahala bagi orang yang berdakwah?

Jawaban:
Dalam Tafsir Munir, beliau mengutip sabda Nabi SAW tentang balasan orang yang berdakwah, yakni “Dia menjadi khalifah Allah di bumi, khalifah rasul-Nya, dan khalifah kitab-Nya.” Khalifah adalah pengganti Allah SWT, rasul dan kitab-Nya di bumi.


15. Apa contoh dakwah dengan perbuatan?

Jawaban:
Dakwah Bil Hal yakni kegiatan dakwah yang mengutamakan kemampuan kreativitas perilaku da'i secara luas atau yang dikenal dengan action,approach atau perbuatan nyata. Misal menyantuni fakir miskin, menciptakan lapangan pekerjaan, memberikan ketrampilan dan sebagainya.


16. Bagaimana cara mengukur keberhasilan dalam berdakwah?

Jawaban:
Maka ada dua indikator keberhasilan dakwah: pertama, adanya perubahan persepsi, sikap dan tindakan dari mad'u sebagai objek dakwah sesuai tujuan dakwah; kedua, adanya peningkatan perbaikan kualitas dan kuantitas hidup dan kehidupan dari segi sosial, ekonomi dan budaya.


17. Mengapa dakwah itu penting? 

Jawaban:
Karena dengan dakwah kita dapat menyelamatkan umat dimana saja berada. Dengan dakwah dapat menjalin persaudaraan, dengan dakwah dapat menambah ilmu. Ilmu itu dapat kita peroleh dari hasil dakwah seseorang.


18. Kenapa manusia sangat butuh terhadap dakwah?

Jawaban:
Selain membuat kita sebagai orang yang lebih bermanfaat dalam hal kebaikan pada diri sendiri, masyarakat dan negara, dakwah juga bermanfaat bagi manusia sebagai pemberi kebahagiaan dalam hidup.