13 Soal (Pilihan Ganda) Manajemen Kinerja dan Jawaban
Contoh Soal Pilgan Tentang Manajemen Kinerja

1. Variabel kinerja yang berkaitan dengan pelanggan meliputi…
A. Kepuasan pelanggan
B. Pemilihan pelanggan
C. Akuisisi pelanggan
D. Mempertahankan pelanggan
Jawaban:
A. Kepuasan pelanggan
2. Berikut adalah salah satu tujuan mempertahankan pelanggan adalah...
A. Menyediakan layanan premium bagi pelanggan
B. Cross-sale customers
C. Soluting selling
D. Partner dengan pelanggan
Jawaban:
A. Menyediakan layanan premium bagi pelanggan
3. Keuntungan menggunakan metode GRS...
A. Mudah dipahami oleh penggunanya karena tekniknya cukup sederhana dan istilah-istilah yang digunakan sudah biasa digunakan orang
B. Penilai harus mempunyai pengetahuan yang memadai tentang psikolog karena yang dinlai adalah sifat-sifat (traits) kepribadian
C. Banyak karakteristik yang dinlaia bias budaya Indonesia
D. Subjektivitas dalam penilaian tetap kuat dan tidak dapat dihilangkan sepenuhnya
Jawaban:
A. Mudah dipahami oleh penggunanya karena tekniknya cukup sederhana dan istilah-istilah yang digunakan sudah biasa digunakan orang
4. Komunikasi berkelanjutan antara atasan dengan bawahan dalam bentuk manajemen kinerja sebagai sarana adalah...
A. Wawancara empat mata dengan para manajer untuk mengidentifikasikan pengalaman yang mereka temui dalam bidang manajemen kinerja
B. Mengkaji ulang peningkatan pada kinerja dari organisasi
C. Mencatat dan menganalisis penilaian kinerja
D. Membantu mengintegrasikan sasaran organisasi, kelompok dan individu, terutama dalam mengkomunikasikan sasaran dan mengedepankan nilai-nilai organisasi
Jawaban:
D. Membantu mengintegrasikan sasaran organisasi, kelompok dan individu, terutama dalam mengkomunikasikan sasaran dan mengedepankan nilai-nilai organisasi
5. Salah satu kelebihan sistem manajemen kinerja menurut penelitian yang dilakukan oleh the Institute of Personeel Management (1992) adalah...
A. Meningkatkan keberhasilan, semangat, dan produktivitas perusahaan
B. Mengkomunikasikan nilai-nilai baru
C. Mengubah budaya
D. Pembinaan karyawan
Jawaban:
C. Mengubah budaya
6. Cara melaksanakan monitoring sistem manajemen kinerja adalah...
A. Mencatat dan menganalisis penilaian kinerja
B. Membantu mengintegrasikan sasaran organisasi, kelompok dan individu
C. Proses komunikasi yang berkelanjutan
D. Untuk memberdayakan karyawan dengan memberikan kendali yang lebih besar
Jawaban:
A. Mencatat dan menganalisis penilaian kinerja
7. Angket ialah daftar pernyataan atau pertanyaan yang dikirimkan kepada responden, baik secara langsung atau tidak langsung (melalui pos atau perantara), keuntungan dari angket adalah...
A. Kemungkinan responden asal mengisi saja
B. Sukar mengolahnya
C. Responden tidak perlu menuliskan buah pikirannya
D. Nilai
Jawaban:
C. Responden tidak perlu menuliskan buah pikirannya
8. Kelemahan dari angket adalah…
A. Tidak punya kesempatan untuk menjawab lebih bebas, dan ada kemungkinan responden asal mengisi saja
B. Responden tidak perlu menuliskan buah pikirannya
C. Pengisian menggunakan waktu yang singkat
D. Dapat menjaring responden yang relatif banyak
Jawaban:
A. Tidak punya kesempatan untuk menjawab lebih bebas, dan ada kemungkinan responden asal mengisi saja
9. Cara pertama mengimplementasikan manajemen kinerja adalah dengan menetapkan ....
A. Perencanaan
B. Tujuan
C. Pengorganisasian
D. Pengarahan
Jawaban:
B. Tujuan
10. Kelebihan metode Proper Man adalah...
A. Kemungkinan terjadinya subyektivitas dan "KKN" dalam penilaian juga masih cukup besar
B. Metode ini cukup sulit membuatnya dan harus disiapkan oieh sejumlah tenaga spesialis
C. Peningkatan kualitas SDM yang berkesinambungan pada gilirannya akan menghasilkan peningkatkan "output" baik dalam kuantitas maupun kualitas
D. Penilaian seorang bawahan oleh atasannya juga dikomentari oleh atasannya
Jawaban:
C. Peningkatan kualitas SDM yang berkesinambungan pada gilirannya akan menghasilkan peningkatkan "output" baik dalam kuantitas maupun kualitas
11. Konsep MBS adalah...
A. Proses atau sistem yang dirancang untuk memandu manajer di mana seorang atasan dan bawahannya bersama-sama menetapkan sasaran yang harus dicapai dalam kurun waktu tertentu dan untuk pencapaian itu bawahan dibebani tanggung jawab sepenuhnya.
B. Mengarahkan para manajer, supervisor pada hasil-hasil yang harus dicapai
C. Memaksa semua orang dalam organisasi mengikatkan diri mereka secara moral pada usaha pencapaian tujuan yang spesifik
D. Mengarahkan cara berpikir mereka dalam kerangka kebutuhan-kebutuhan organisasi di masa depan dan menetapkan sasaran-sasaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut
Jawaban:
A. Proses atau sistem yang dirancang untuk memandu manajer di mana seorang atasan dan bawahannya bersama-sama menetapkan sasaran yang harus dicapai dalam kurun waktu tertentu dan untuk pencapaian itu bawahan dibebani tanggung jawab sepenuhnya.
12. Kelebihan penggunaan MBS adalah...
A. Sering dianggap sebagai resep untuk mengobati semua penyakit organisasi
B. Terlalu menekankan pada HASIL tanpa memperdulikan CARA mencapai hasil tersebut
C. Agak bertentangan dengan sistem nilai budaya mayoritas bangsa Asia
D. Mengarahkan cara berpikir mereka dalam kerangka kebutuhan-kebutuhan organisasi di masa depan dan menetapkan sasaran-sasaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut
Jawaban:
A. Sering dianggap sebagai resep untuk mengobati semua penyakit organisasi
13. Salah satu tujuan evaluasi manajemen kinerja adalah pengembangan. Yang dimaksud dengan pengembangan dalam evaluasi manajemen kinerja adalah...
A. Dapat digunakan untuk menentukan pegawai yang perlu dilatih dan membantu evaluasi hasil training
B. Dapat digunakan untuk proses penentuan kenaikan gaji, insentif dan promosi.
C. Dapat digunakan untuk memotivasi pegawai, mengembangkan inisiatif, rasa tanggungjawab sehingga mereka terdorong untuk meningkatkan kinerjanya.
D. Dapat bermanfaat bagi pengembangan keahlian dan keterampilan serta perencanaan SDM.
Jawaban:
A. Dapat digunakan untuk menentukan pegawai yang perlu dilatih dan membantu evaluasi hasil training